Saturday, September 20, 2008

saya seram

Sepertinya image saya selalu berbau seram, menakutkan, kejam, galak, dan semacamnya.

Tolong deh, dalam satu hari saya dibilang ‘cowo’ dan ‘serem’. Segitunya ya?

“Halo cah serem,”balas teman saya waktu saya menyapanya dengan iseng.

Saya nyengir waktu mendengarnya. “Senyummu itu lho serem,”katanya.

“Aril pasang tampang serem…”itu ucapan pamit dari teman saya –orang yang sama- sebelum pulang.

Saya tahu pasti “serem” yang dimaksudnya adalah “sadis” atau “jutek”.

Ampun… image saya ternyata belum berubah.

Setelah agak lama tak jumpa, masih saja bahan kecrokannya sama: Aril serem, galak, sadis.

Teman saya –masih orang yang sama- pernah menjuluki saya ‘siluman’ karena waktu itu saya sedang kedanan komik Inuyasha yang notabene isinya siluman-siluman, jadilah hobi saya waktu itu sebagai inspirasi buat teman saya. Bagi saya hal itu terdengar lucu. Saya fine-fine saja dia bilang siluman atau apalah sejenisnya, toh konteksnya kecrokan. Toh saya membalasnya juga lebih kejam dengan “Seandainya kamu manusia Pit… pasti sudah kuurus…” hahaha, sekarang sudah nggak jamannya lagi kecrok-kecrokan yang model itu. Kesannya asal sih, tapi kalau teman saya yang itu memang harus digituin, habis nyolot banget orangnya. Apalagi saya orangnya susah mengalah, sekecap genti sekecap, dan jelas mulut tajam membalasnya juga lebih kejam. Nggak tahu juga kenapa saya bisa otomatis membalas seperti itu. Hehehe.

Lepas siluman, eh datang lagi kosakata ‘serem dan sadis’ dari mulut yang sama.

Lha... gimana lagi ya, lhawong apa yang saya punya ini sudah pemberian yang di atas. Settingan wajah saya ya begini ini. Saya susah senyum dengan simetris, nha…itu yang membuat saya berkesan sadis dan senyumnya kesannya kayak ngenyek atau mencibir atau lebih parah lagi menghina. Saya memang susah tersenyum dengan ‘los’ seperti orang-orang lain, tapi kalau tertawa lebih mudah buat saya, hehehe. Rasanya senyum saya nggak terlihat alami, makanya saya jarang senyum, habis aneh sih. Sudah kaku pula, kalau dipaksa senyum kan tambah aneh.

Jadi bingung, senyum kan sedekah. Tapi kalau saya senyum bisa-bisa malah bikin dosa gara-gara dikirain ngenyek. Teman saya pernah ada yang salah tingkah karena saya tersenyum –sebelum sempat menjawab- waktu dia minta pendapat pada teman-teman se-geng -soal apa saya lupa.

“Moh… Ari senyume ngono… kok koyo’e piye ngono… gah aku mbo’olatke,”katanya sambil kelihatan salah tingkah.

Lhah! Saya kaget. Saya sedang mikir, mau ngomentarin pertanyaannya –maksudnya njawab- tapi nggak tahu kenapa otomatis saya senyum, tapi senyum saya malah bikin susah orang.

Bwehh… Mungkin saya harus mencari alternatif lain selain senyum untuk bersedekah –lhah, kalo sedekah uang saya sedang bokek i, gimana no?

Murid les saya juga penah mengomentari cara saya mmm… apa ya… melihat… memandang… sejenisnya lah.

“Wah… moh aku… Mbak Ari lirikane ra nguati, ngolatkene ngono kuwi og…”katanya malu-malu dengan ekspresi seperti orang kepergok berbuat salah. Padahal saya bener-bener memastikan dia yakin pada jawaban soalnya atau tidak. Badalah… padahal sebelumnya saya sudah mendapat komentar yang sama. Ada yang nggak ‘kuat’ kalau saya lihat matanya bener-bener. Saya jadi penasaran, seperti apa sih cara saya melihat di mata orang lain? Apa bener seserem atau sesadis atau memang berkesan menghakimi atau mengupas orang lain begitu? Habisnya, reaksi mereka kok kayak orang malu atau ketakutan kalau saya lihat matanya langsung.

Teman saya dengan pedenya menebak kalau saya pasti galak waktu mengajar di SMP.

Padahal... jangan-jangan iya? Tapi saya rasa saya nggak galak waktu ngajar, biasa saja, sesuai sikon. Kalau menurut saya sih bukan galak tepatnya, tapi tegas. Muridnya nurut, saya ya ngajarnya halus. Tapi kalau muridnya menyepelekan, saya kan harus tegas. Mungkin realisasinya saja yang menciptakan kesan galak. Tapi saya kok yakin ya kalau saya nggak galak.

Pede,hehehehe

Nha…sekarang gimana coba? Saya menikmati settingan muka saya ini, tapi kok ya nggak pantes juga kalau saya terus-terusan dibilang menakutkan seperti itu. let it flow kali ya....?

No comments: